Selasa, 26 Juli 2016

SPPT.TEL MEMILIKI AHLI K3



Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah Ilmu atau kemampuan yang Penerapannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja (PAK), kebakaran, peledakan dan pencemaran lingkungan. K3 juga adalah semua kondisi dan faktor yang dapat berdampak pada keselamatan dan kesehatan kerja tenaga kerja maupun orang lain.

Federasi Serikat Buruh Kerakyatan (Serbuk) bersama federasi anggota Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI).mengadakan pendidikan bersama bertajuk  Pendidikan K3  yang menjadi Hak Asasi Manusia. Pendidikan tersebut digelar di Karawang pada tanggal 26 sampai 27 Juli 2016.
Peserta dalam pendidikan ini datang dari berbagai federasi anggota KPBI antara lain SERBUK, FBLP, FBTPI, FPBI, FSP2KI dan PPMI-SPSI. Peserta datang dari berbagai kota antara lain Karawang, Bekasi, Jakarta, Yogyakarta dan Muara Enim-Sumatera Selatan yang diwakili oleh Yulius Tangdilian dari Serikat Pekerja PT.Tanjungenim Lestari (SPPT TeL). Pendidikan ini dilakukan 3 tahap peserta harus berkomitmen menjalankan semua tahapan – tahapan, Sppt Tel dengan program K3 nya terus meng-Up Grade kemampuan pengurus mengenai K3 tersebut. Yulius Tangdilian memang sengaja dipersiapkan Sppt Tel untuk cikal bakal ahli di bidang K3.

Yulius Tandilian juga bagiaan dari anggota  FSP2KI memberikan apresiasi atas pendidikan ini, sebab pendidikan K3 memang penting meskipun kurang diminati, apalagi di tempat kami.“Tugas pengurus serikat pekerja adalah memperkenalkan kepada anggota tentang mendesaknya agenda penerapan sistem manajemen K3 di tempat kerja,” ujarnya..

Karena penegakan sistem manajemen K3 di perusahaan yang sangat buruk Pekerja selalu dalam kondisi yang dirugikan karena posisi tawarnya lemah sehingga mengalami kerugian. Misalnya saja  jam kerja panjang, lingkungan kerja yang tidak aman (Unsave) dan ketika kecelakaan kerja dapat dipastikan akan kehilangan pekerjaannya dan banyak kasus kecelakaan kerja dikondisikan aman seolah – olah sistim K3 berjalan dengan baik,“Sungguh ini sangat ironis. Untuk itu, Serikat harus mau menjadi garda terdepan dalam perjuangan K3 di tempat kerja,”

Dalam pendidikan kali ini, beberapa fasilitator yang hadir memberikan materi antara lain adalah Subono (Serbuk), Wiranta Yudha (LION), Dr. Anna Suraya (Dokter ahli K3), dan juga Matt Goodwin (Maritim Union of Australia / International Transport Workers’ Federation).JY

MULAILAH KESELAMAT KERJA DARI DIRI SENDIRI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar