Berikut kembali kami sampaikan kembali, Sedikit ulasan
materi day 1 dan 2 dan rekap day 3 - TASC [The Art & Science of Coaching],
walau pun rekan-rekan belum dapat hadir, akan ttp semoga dpt memberikan
tambahan knowledge but kita bersama:
4 basic planning question :
Urutan pertama selalu "what dou you want?"
Hal ini untuk menstimulasi motivasi awal klien. Maka disebut
fase inspirasi. Seluruh tools yg ada di modul satu utk memperdalam fase ini.
3 pertanyaan berikutnya tidak berurutan, tergantung dinamika
yg terjadi selama proses coaching.
3 Pertanyaan berikutnya :
A. Bagaimana caranya? Pertanyaan ini adalah fase
implementation.
B. Bagaimana anda akan komit untuk melakukan hal tsb? .
pertanyaan ini adalah fase integration. Ini bicara mengenai core values.
C. Bagaimana anda tahu anda akan sampai disana? Ini fase
completion.
Nama NLL (neuro logical level) yg diciptakan Robert Dilts
sekarang berubah menjadi Logical level saja karna ini adalah MIND dan bukan
NEURO.
GROW adalah salah satu model yang sering dipakai dalam
konteks managerial. Pendekatan dari erickson coaching tidak menggunakan
pendekatan ini karena di fase "R" yaitu di reality. Reality itu bukan
fakta,namun persepsi klien terhadap reality itu sendiri. Di fase ini kita
sedang mengakses masa lalu. Reality ini akan membuat klien mengkases hal hal
yang bisa jadi tidak membuatnya berdaya dan emosi yg kurang tepat.
CONTRACT is about making priority and focusing on one issue.
Simplify level of thinking. Secara umum orang seringkali menyampaikan byk
AGENDA dan hrs diturunkan menjadi GOAL. GOAL hrs diturunkan lagi menjadi
CONTRACT yaitu outcome selama sesi berlangsung saja.
Why 30 minutes? Karna kita dilatih utk menjadi efektif
coach. Maka bukan banyaknya pertanyaan, namun banyaknya mendengar value word
yang paling penting.
LOGICAL LEVEL adalah tool yang digunakan di fase experience
(coaching arrow) yaitu setelah fase CONTRACT. ini bukan urutan tapi level of
logical thinking. Dalam kenyataannya tidak harus urutan, bisa naik turun tergantung
dinamika didalam coaching.
AS IF SHIFT (pengandaian). Paling cocok digunakan jika klien
stuck (buntu) utk membantunya melihat sudut pandang yang berbeda dan melihat
alternatif lain. Prinsip dasarnya adalah Bawa klien ke masa depan agar dia bisa
merasakan atau melihat masa depan itu sekarang. Dalam NLP disebut Future
Pacing.
Cth pertanyaan AS IF shift :
- jika seandainya...
- mari kita berandai andai...
- jika anda menjadi...
- bagaimana jika....
- dll
Jenis AS IF Shift :
1. Saat clarify contract creation
2. Time shift. Mengajak orang melihat masa depan dan
merasakan skrg apa yg dilihat didepan itu.
3. Information gathering. (Mengumpulkan informasi tambahan)
cth : seandainya anda sudah tahu, apa yang berbeda yang anda lihat?
4. Point of view. Mengajak klien berandai andai berada di
pihak lain.
5. System thinking. Melihat beberapa item menjadi sebuah
sistem. Melihat dari helicopter view.
6. Amplifying solution. Menstimulasi (menguatkan) lebih
besar seluruh VAK nya kembali.
7. Value shift and value words shift. Mengajak klien
merasakan value yang diinginkan di masa depan.
8. Miracle question. Digunakan saat klien mentok dan coach
ingin kliennya berimajinasi dan mengkases hal hal yang belum pernah terpikir.
Cth : jika anda punya tongkat ajaib...apa yg akan...
VALUE BASED SELF IMAGE
Tools ini utk membantu klien masuk ke dlm self image yg dia
inginkan. Caranya melalui visualisasi.
Setelah value sdh muncul melalui verbal, amplify value
tersebut VAK (sesuatu yg ada pada dirinya). Satu persatu value tersebut
divisualisasi. Sesudah itu gabungkan satu persatu..cth gabung value A dan B
dulu muncul D. D digabung dgn C menjadi E.
Salam Engaged,
Welcome to J-T Casino! | The J-T Casino Resort
BalasHapusJ-T 공주 출장안마 is a new casino located in The Strip and 여수 출장샵 is 계룡 출장샵 one of only two casinos in the region to open 하남 출장샵 a new 여주 출장마사지 hotel.