Selasa, 10 Mei 2016

AYO DAFTAR DIRI MENJADI ANGGOTA KOPERASI



Lahirnya  koperasi Mitra Sejahtera Lestari (MSL) PT. Tanjungenim Lestari yang diperkasai oleh Serikat Pekerja PT. TeL sejak 17 Maret 2016 telah resmi  dengan SK Menteri Koperasi dan Usaha kecil menengah No.390/Bh/VII.2?2016. Koperasi yang telah terbentuk tersebut bila dikelola dengan baik niscaya akan sangat membawa manfaat kesejahteraan pada anggotanya. Diawali dengan Agenda kerja Bidang Soskes dan disambut baik oleh semua pengurus maka hal tersebut terbentuk.


Koperasi bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Keuntungan yang diperoleh dibagikan kepada anggotanya dalam bentuk sisa hasil usaha (SHU), ini membedakan koperasi dengan badan usaha lainnya. Secara umum badan usaha lainnya bertujuan untuk memperoleh keuntungan sebesar-besarnya, Secara lengkap pentingnya Koperasi dalam meningkatkan pendapatan financial anggota diluar gaji.
Pada prinsipnya koperasi itu bermanfat untuk: Memenuhi kebutuhan anggotanya dengan harga yang relatif murah,Memberikan kemudahan bagi anggotanya untuk memperoleh modal usaha, Memberikan keuntungan bagi anggotanya melalui Sisa Hasil Usaha (SHU). Koperasi MSL ini akan mengarah pada hal diatas.
Untuk sementara waktu ini Koperasi MSL berorientasi pada Bisnis Jasa, banyak hal yang dapat diambil oleh Koperasi MSL untuk mengembangkan keuangannya. Koperasi MSL dalam pengelolaannya terpisah sama sekali dengan kepengurusan serikat pekerja.
Diharapkan pada seluruh Pekerja PT. TeL untuk ikut bersama – sama membangun koperasi dalam bentuk mendaftarkan diri menjadi anggota, besarnya koperasi itu dari anggota untuk anggota. Sementara waktu sebelum mendapatkan Sekretariat koperasi, Koperasi MSL berkantor di Sekretariat Sppt TeL, dan pada saat ini koperasi MSL sedang mengupulkan formulir pendaftaran anggota dan surat kuasa pemotongan.
Koperasi bisa berjalan apabila memiliki modal, untuk itu pengurus koperasi  menetapkan modal koperasi terdiri atas modal sendiri terdiri dari ; Simpanan pokok dan Simpanan wajib tidak menutup kemungkinan  diharapkan pada anggota yang berminat untuk memberikan modal sementara untuk dapat berjalannya koperasi akan semakin baik.(JY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar