Jumat, 21 Januari 2011

Kongres III KASBI


Konfederasi KASBI (Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia) menyelenggarakan Kongres III pada tanggal 19-23 Januari 2011 bertempat di Local Education Centre Bandung.  Kongres ini dihadiri oleh 215 anggota KASBI dari seluruh Indonesia dan undangan/peninjau, antara lain:
-          FSP2KI
-          SPPT TeL
-          Serikat Buruh Timor Leste
-          Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI)
-          SP British International School
-          Ikatan Awak Kabin Garuda
-          Serikat Karyawan Indosiar
-          Keluarga Buruh Migran Karawang
-          SP Angkasa Pura I
-          Komite Solidaritas Nasional

Kongres ini mengambil thema “Satu Tekad, Satu Sikap, Satu Tindakan Hancurkan Neoliberalisme”.

Perlawanan terhadap union busting (pelemahan serikat pekerja secara sistematis) menjadi topik utama yang disampaikan oleh peserta saat memberikan ucapan solidaritas yang dibacakan saat pembukaan Kongres disamping topik lainnya seperti melawan politik upah murah, intimidasi terhadap aktivis buruh dan isu-isu perburuhan lainnya.

Pada kesempatan ini Nelson F. Saragih membacakan surat solidaritas dari FSP2KI dan Desi B. Rambang membacakan surat solidaritas dari SPPT TeL, sebagai berikut:

SOLIDARITAS  FSP2KI  PADA KONGRES III KASBI
Peserta Kongres III KASBI yang kami hormati,

Perjalanan yang telah kawan-kawan KASBI lakukan untuk memperjuangkan buruh di tanah air telah membawa harapan bagi perbaikan kondisi-kondisi perburuhan.
Dampak dari perjuangan KASBI kami percaya akan membawa perbaikan kondisi perburuhan di tanah air baik pada masa kini maupun masa yang akan datang.

Menolak politik upah murah, menghapus sistem kerja out sourcing, mengupayakan jaminan sosial bagi buruh yang sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah, perlawanan terhadap union busting, aksi may day dan berbagai bentuk pembelaan bagi kaum buruh yang kawan-kawan lakukan telah menginspirasi kami untuk juga memperjuangakannya di tempat kami.

Selamat Kongres III KASBI.

Irzan Zulpakar                      Etin Rodiana
Presiden                               Sekretaris Jenderal FSP2KI             

SOLIDARITAS  SPPT TeL  PADA KONGRES III KASBI
Pengurus dan Anggota KASBI yang kami hormati

Salam Solidaritas

Perjalanan kita masih panjang, untuk membawa kondisi perburuhan ke arah yang lebih baik, namun kami melihat  apa yang telah dilakukan oleh KASBI  selama ini, telah memberi  inspirasi pada kami, dan  pada  kaum buruh di tanah air, untuk memperjuangkan Hak kami sebagai pekerja dan sebagai Warga Negara Indonesia.

Disadari atau tidak, upaya penguasa dan pengusaha untuk melemahkan serikat pekerja terus terjadi, seperti mengkriminalisasi pengurus dengan pasal ”Melakukan Perbuatan Tidak Menyenangkan”, Menempatkan pengurus pada pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidangnya, sehingga pengurus tidak nyaman untuk bekerja dan akhirnya mengundurkan diri.
Semoga KASBI tetap menjadi yang terdepan, dalam melakukan perlawanan terhadap upaya untuk melemahkan Serikat Pekerja/Serikat Buruh dan dapat masuk dalam lembaga Tripartit Nasinal

Kami dari Sumsel,
Tepatnya di PT. Tanjungeni Lestari Pulp And Paper di kabupaten Muara Enim
Mengucapkan Selamat Melakukan Kongres yang ke III KASBI.

Muara enim, 17 Januari 2011,
Pengurus SPPT. Tel,

A s h a l                                                           Heriyanto
Ketua                                                               Sekretaris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar