Senin, 13 Juni 2016

FINAL BIPARTIT KENAIKAN UPAH PT.TEL



Upah merupakan salah satu rangsangan penting bagi pekerja dalam suatu perusahaan. Hal ini tidaklah berarti bahwa tingkat upahlah yang merupakan pendorong utama, tingkat upah hanya merupakan dorongan utama hingga pada tarif dimana upah itu belum mencukupi kebutuhan hidup layak pekerja sepantasnya. Upah sebenarnya merupakan salah satu yang diatur dalam perjanjian kerja, yaitu Tripartit yang terdiri dari unsur pengusaha buruh / pekerja dan pemerintah.


Upah adalah hak pekerja/buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja/buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan

Senin, 13/06/2016 kali ke 3 Bipartit kenaikan upah  PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper (PT. TeL PP)  di Graha Medang Komplek perumahan PT. Tel, yang di mulai dari pukul 14:00 sampai dengan 19:00wib.
Awalnya sebelum perundingan antara Pekerja yang di wakili oleh perwakilan pekerja yaitu Serikat pekerja ( SPPT TeL) dengan Perusahaan yang di wakili oleh management perusahaan di atur dengan Tata Tertib ( TATIB) yaitu gunanya untuk mengikat kedua belah pihak untuk tidak lari  dari ketentuan, agar menjalankan perundingan dengan batasan yang telah di sepakati.

Selama perundingan Upah berjalan dengan alot, masing – masing pihak bersikukuh dengan argumennya masing – masing bertahan dan saling serang berbalas untuk menuju suatu kesepakatan. Di dalam perundingan hal tersebut biasa terjadi, hati boleh panas tetapi kepala harus dingin. Mengapa demikian? beban yang di pikul masing – masing tim perunding sangat berat karena masing – masing membawa pesan dari yang mengutusnya, seperti SPPT Tel yang harus mensejahterakan anggotanya.

Bipartit upah tahun 2016 ini proses perundingannya tepat waktu mendapatkan kesepakatan, bagi pekerja PT. TeL dapat melihat rincian hasil final kesepakatan di media komunitas Facebook LME tanjungenim Lestari ,WhatsApp dan madding di tiap – tiap Dept/seksi.

Kami Tim perunding yang mewakili kawan – kawan mengucapkan terimakasih, karena kami tidak akan dapat menyelesaikan rumusan perundingan kalauah tidak dibantu oleh kawan – kawan.  Pencerahan dan masukkan kawan – kawan selama masa perundingan sangat berperan penting memberikan kami kekuatan tetapi  kami juga mempunyai keterbatasan tidak dapat mengakomodir usul semua kawan – kawan.

“MARILAH KITA TERUS BERSAING DALAM BEKERJA MENUNJUKAN POTENSI TERBAIK YANG ADA DALAM DIRI KITA” (jy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar