Senin, 06 Agustus 2012

Seragamku Sayang, Seragamku Malang

Secara umum tujuan perusahaan memberikan fasilitas kerja bagi karywannya adalah agar karyawan dapat melakukan pekerjaan dengan baik dan perusahaan mendapat respek dari karyawannya.  Respek positif dari karyawan kepada perusahaan adalah sesuatu yang sangat penting karena akan menimbulkan motivasi kerja dan membuat karyawan menjadi lebih patuh kepada kepemimpinan di perusahaan dalam rangka mencapai program perusahaan.

Mari kita coba belajar dari distribusi seragam kerja yang baru-baru ini dilakukan di PT. Tanjungenim Lestari Pulp And Paper.  Seragam yang dibagikan kepada karyawan semula diinformasikan sebagai seragam dengan pilihan bahan yang lebih dahulu diuji di laboratorium sehingga akan menjadi seragam yang berkualitas baik.  Tetapi seragam yang diterima karyawan jauh dari itu, bahannya jelek dan berbulu hanya dengan satu kali cuci, jahitannya tidak kuat sehingga gampang lepas, ukurannya ada yang kekecilan ada pula yang kebesaran. Seragam ini dibuat di Jogjakarta. Hampir semua karyawan mengeluh dan ratusan karyawan sampai saat ini belum mendapat seragam yang menjadi haknya sebagaimana diatur dalam Perjanjian Kerja Bersama.

Keadaan diperburuk karena perusahaan tidak kunjung menginformasikan kapan masalah ini akan selesai.  Ketika karyawan menanyakan, tidak mendapat jawaban yang pasti bahkan ada yang dijawab dengan sinis seperti "syukur sudah dikasih".

Masalah terbesar dari kasus seragam kerja ini sesungguhnya adalah perusahaan telah menempatkan dirinya untuk kehilangan respek dari karyawan padahal sudah mengeluarkan uang yang banyak.

Untuk itu perusahaan perlu segera mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini antara lain dengan:

  1. Segera mengumumkan kepada karyawan kapan masalah ini akan selesai.
  2. Melakukan investigasi dan mengumumkan hasilnya kepda karywan agar masalah ini tidak terulang lagi.
  3. Seragam kerja agar diberikan dengan kualitas yang baik dan tepat waktu.
  4. Seragam kerja dibuat dengan mengoptimalkan potensi lokal baik untuk bahan maupun pembuatnya.
(nfs).















Tidak ada komentar:

Posting Komentar