Sabtu, 19 Februari 2011

PELATIHAN DAN PEMBEKALAN PENGURUS SPPT TeL 2011-2013

Pengurus SPPT TeL baru saja dilantik pada bulan Januari yang lalu.  Sebagai sebuah tim yang baru terbentuk maka diperlukan kesamaan pandangan dari para pengurus tentang arah serikat kedepan.  Kesamaan pandangan ini diharapkan akan mendorong terbentuknya kepengurusan yang memiliki visi yang sama untuk membangun serikat.

Atas dasar pemikiran itulah kepada pengurus yang baru terbentuk ini diberikan pelatihan dengan judul Pelatihan dan Pembekalan Pengurus SPPT TeL 2011-2013 yang diadakan di Pagar Alam dari tanggal 11-12 Februari 2011. Hal-hal yang dipelajari pada pelatihan ini adalah:

Membangun Sinergi PT. TeL dengan SPPT TeL
Tujuan dari materi ini adalah untuk mencari konsep-konsep sinergi yang bisa dibangun antara PT. TeL dan SPPT TeL.  Materi ini disampaikan oleh pembicara Denny H. Makarim (HR Deputy Manager PT. TeL).

Dasar-Dasar Serikat Pekerja
Materi ini disampaikan untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang hal-hal yang mendasar dari serikat pekerja yang perlu diketahui oleh pengurus serikat pekerja, antara lain tentang pengertian serikat pekerja, prinsip-prinsip serikat pekerja, alasan-alasan mengapa kita perlu berserikat, tugas, fungsi dan tanggung jawab pengurus serta regulasi-regulasi terpenting di bidang ketenagakerjaan.  Fasilitator pada materi ini adalah Ashal (Ketua SPPT TeL) dibantu oleh Heriyanto (Sekretaris SPPT TeL) dan Mangitar Sitorus (Wakil Ketua SPPT TeL).

Peserta kemudian dibagi menjadi enam kelompok berdasarkan bidang kepengurusannya masing-masing untuk merumuskan program apa yang terbaik bagi anggota.  Keenam bidang kepengurusan ini berhasil menyusun program dibidangnya masing-masing.

Kepemimpinan dan Manajemen Serikat Pekerja
Pengurus adalah pemimpin dari anggotanya.  Tugas pemimpin adalah untuk menggerakkan anggotanya mencapai tujuan serikat pekerja.  Untuk itu pengurus serikat pekerja wajib melengkapi dirinya dengan pengetahuan kepemimpinan dan manajemen serikat pekerja.  Materi ini difasilitasi oleh Zulfani (Divisi Pendidikan FSP2KI).

 Selain pengurus SPPT TeL, pelatihan ini juga dihadiri oleh Ardani (Ketua SPKT) dan Jhon Manik (Wakil Ketua SPK Pindodeli).

Kesimpulan dari pelatihan ini adalah bahwa menjadi tugas pengurus untuk memberikan pelayanan terbaik bagi anggota, pelayanan terbaik ini akan mendorong anggota meningkatkat dukungannya kepada pengurus, dukungan yang meningkat ini akan membuat pengurus semakin mampu memberikan pelayanan yang lebih baik bagi anggota.  Demikianlah ini menjadi lingkaran pertumbuhan terus-menerus bagi SPPT TeL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar